Jumat, 16 September 2016

Contoh Artikel Penglolaan Kelas

Contoh Artikel Pengelolaan Kelas

A.      Pengelolaan Kelas

1.    Pengertian Pengelolaan Kelas
Proses belajar mengajar yang dilaksanakan dapat mencapai sasaran sesuai dengan tujuan apabila kelas dapat diciptakan sehingga menguntungkan dan menunjang kelancaran proses belajar-mengajar tadi.
Sebelum kita membicarakan definisi pengelolaan kelas, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan kelas. Menurut H. Hadari Namawi:
a.    Kelas dalam arti sempit yakni ruangan yang dibatasi oleh empat dinding tempat sejumlah siswa berkumpul untuk mengikuti proses belajar-mengajar. Kelas dalam penertian tradisional mengandung sifat statis, karena sekadar menunjuk pengelompokan siswa menurut tingkat perkembangannya yang  antara lain didasarkan pada batas umur kronologis masing-masing
b.   Kelas dalam arti luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah, yang sebagai kesatuan diorganisir menjadi unit kerja secara dinamis menyelenggarakan kegiatan-kegiatan belajar-mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu tujuan. ( Sudirman N,1990 : 310 )

Manajemen atau pengelolaan diartikan proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Sedangkan kelas diartikan secara umum sebagai sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Dengan demikian pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajarnyang efektif dan menyenangkan
serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau dapat dikatakan beahwa pengelolaan kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis.
Menurut Umar Hamalik pengelolaan kelas ditinjau dari paham lama adalah mempertahankan ketertiban kelas, sedangkan menurut pengertian baru, pengelolaan kelas ialah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara organisasi kelas sehingga individu siswa dapat memanfaatkan kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas individu.( Sudirman N,1990 : 310)

Contoh Artikel Penglolaan Kelas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog