Contoh Artikel Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran
Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran
Setiap kegiatan belajar mengajar, baik yang sifatnya instruksional maupun tujuan pengiring akan dapat dicapai secara optimal apabila dapat menciptakan dan mempertahankan kondisi yang menguntungkan bagi peserta didik. Dalam setiap proses pengajaran kondisi ini harus direncanakan dan diusahakan oleh guru secara sengaja agar dapat terhindar dari kondisi yang merugikan (usaha pencegahan), dan kembali kepada kondisi yang optimal apabila terjadi hal-hal yang merusak yang disebabkan oleh tingkah laku peserta didik di dalam kelas (usaha kuratif).
Usaha guru dalam menciptakan kondisi yang
diharapkan akan efektif apabila: pertama, dketahui secara tepat
faktor-faktor yang dapat menunjang terciptanya kondisi yang menguntungkan dalam
proses belajar mengajar, kedua, dikenal masalah-masalah yang
diperkirakan dan biasanya timbul dan dapat merusak iklim belajar mengajar, ketiga,
dikuasainya berbagai pendekatan dalam pengelolaan kelas dan diketahui pula
kapan dan untuk masalah mana suatu pendekatan digunakan.
Dalam
dunia pendidikan khususnya dalam kaitannya dengan kegiatan pengelolaan kelas,
tidak bias bertindak seperti seorang juru masak dengan buku resep masakannya.
Suatu masalah yang timbul mungkin dapat berhasil diatasi dengan cara tertentu
pada saat tertentu dan untuk seorang atau sekelompok peserta didik tertentu.
Akan tetapi cara tersebut mungkin tak dapat dipergunakan untuk mengatasi
masalah yang sama, pada waktu yang berbeda, terhadap seorang atau sekelompok
peserta didik yang lain. Oleh karena itu keterampilan guru untuk dapat membaca
situasi kelas sangat penting agar yang dilakukan tepat guna.
Dengan mengkaji
konsep dasar pengelolaan kelas, mempelajari berbagai pendekatan pengelolaan dan
mencobanya dalam berbagai situasi kemudian dianalisis, akibatnya secara
sistematis diharapkan agar setiap guru akan dapat mengelola proses belajar
mengajar secara lebih baik. Kondisi yang menguntungkan di dalam kelas merupakan
prasyarat utama bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif.
0 komentar:
Posting Komentar