Jumat, 16 September 2016

Contoh Artikel Keterampilan Mengelola Kelas

Contoh Artikel Keterampilan Mengelola Kelas


1.      Keterampilan Mengelola Kelas

Keberhasilan mengajar seorang guru tidak hanya berkaitan langsung dengan proses belajar mengajar, misalnya tujuan jelas, menguasai meteri, pemilihan metode yang tepat, penggunaan sarana, dan evaluasi yang tepat. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah keberhasilan guru dalam mencegah timbulnya perilaku peserta didik yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, kondisi fisik belajar dan kemampuan mengelolanya.
Oleh sebab itu kegiatan guru dapat dibagi menjadi dua, yaitu kegiatan pengelolaan pengajaran dan kegiatan pengelolaan kelas. Tujuan pengajaran yang tidak jelas, materi yang terlalu mudah atau terlalu sulit, urutan materi tidak sistematis, alat pembelajaran tidak tersedia, merupakan contoh masalah pembelajaran. Sedangkan peserta didik mengantuk, enggan mengerjakan tugas, terlambat masuk kelas, mengganggu teman lain, mengajukan pertanyaan aneh, ruang kelas kotor merupakan contoh masalah pengelolaan kelas. Dan untuk penanggulangannya seorang guru harus memberikan bimbingan sebab ini secara psikologis akan menarik ketelibatan siswa. Guru bisa memulainya dengan apa yang siswa sukai, bagaimana cara berpikir mereka dan bagaimana mereka menyikapi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan mereka.
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang mengaktifkan siswa perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.    Aksesbilitas
siswa mudah menjangkau alat dan sumber belajar.
b.   Mobilitas
siswa dan guru mudah bergerak dari satu bagian ke bagian lain
c.    Interaksi
memudahkan terjadi interaksi antara dari siswa maupun antar siswa
d.   Variasi kerja siswa
memunginkan siswa bekerja secara perorangan, berpasangan atau berkelompok

Pada intinya, kemampuan guru memilih strategi pengelolaan kelas yang tepat sangat tergantung pada kemampuannya menganalisis masalah kelas yang dihadapinya jika ia tepat meletakkan strategi tersebut maka proses belajar mengajar akan efektif.

Contoh Artikel Keterampilan Mengelola Kelas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog