Jumat, 16 September 2016

Contoh Artikel Prosedur Pembelajaran yang Efektif

Contoh Artikel Prosedur Pembelajaran yang Efektif

Contoh Artikel Prosedur Pembelajaran yang Efektif di sekolah


 1.    Prosedur Pembelajaran yang Efektif

Agar  memperoleh hasil yang memuaskan dalam proses belajar mengajar, peserta didik dan guru dalam belajar mengajar perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.    Menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan merangsang peserta didik aktif
b.    Mengoptimalkan hasil belajar melalui proses belajar mengajar yang berdaya guna dan berhasil guna.
c.    Mengerjakan tugas dengan baik.
d.   Merumuskan tujuan pembelajaran secara nyata.
e.    Melihat kembali hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
f.     Mencari jalan keluar agar dalam proses belajar mengajar lebih aktif dan kreatif.
Proses pembelajaran adalah sesuatu proses yang sulit apalagi di dalam pembelajaran itu ada tujuan yang ingin dicapai. Karena dalam proses mengajar itu tidak hanya mendengan informasi dan penjelasan dari guru, melainkan dalam proses pembelajaran itu banyak kegiatan yang harus ditempuh dan dilakukan. Oleh sebab itu dalam rangka memperoleh keberhasilan dalam proses pembelajaran baik pendidik maupun peserta didik perlu mengetahui, memahami dan terampil dalam melaksanakan prosedur pembelajaran yang baik. Adapun prosedur pembelajaran itu  adalah :
a.    Tahap pra pembelajaran
Pada tahap ini langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah sebagai berikut :
1)        Menganalisis materi belajar yang tersedia dengan mempertimbangkan aspek ruang lingkup (scope) dan urutan (sequence) materi di kaitkan dengantujuan pbelajar dan damaitkan dampak iring (nuturant effects) yang hendak dicapai.
2)        Menganalisis potensi pengalaman dan peserta didik dikaitkan dengan yang hendak dicapai serta materi yang dikuasai peserta didik.
3)        Menganalisis jenis kecakapan hidup yang dipelajari secara langsung maupun tidak langsung dari setiap materi belajar yang akan disajikan sesuai dengan ruang lingkup urutan materi belajar yang tersedia.
4)        Menganalisis sumber-sumber belajar dan fasilitas pembelajaran yang tersedia atau yang dapat disediakan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)        Berdasarkan langkah-langkah tersebut, selanjutnya disusun program pembelajaran untuk waktu tertentu.
b.    Tahap pelaksanaan pembelajaran
Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meliputi rangkaian sebagai berikut :
1)        Membuka kegiatan pembelajaran melalui apersepsi, yaitu mengaitkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan apa yang sudah dipelajari sebelumnya maupun dengan pengalaman pemahaman yang sudah dimiliki peserta didik.
2)        Menjelaskan program pembelajaran yang harus dilakukan peserta didik, yaitu menginformasikan tujuan dan program pembelajaran yang dirancang guru pada tahap pra pembelajaran.
3)        Mengorganisasikan pelaksanaan kegiatan peserta didik, termasuk mengatur waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran maupun mengorganisasikan peserta didik dalam pembelajarannya (individual, kelompok atau klasikal).
4)        Penyajian bahan belajar dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai (ekspositori, inkuiri, eksperimen, atau discopery) melalui sumber-sumber belajar dan fasilitas belajar yang tersedia.
5)        Memotifasi kegiatan belajar peserta didik melalui penguatan, penjelasan, penghargaan, ataupun apreasiasi terhadap prilaku belajar peserta didik.
6)        Melakukan penyesuaian-penyesuaian kegiatan peserta didik berdasarkan analisis aktual kondisi proses pembelajaran yang terjadi, agar kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan peserta didik.
c.    Tahap penilaian pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam penilaian proses pembelajaran meliputi kegiatan-kegiatan sebagai  berikut :
1)        Melakukan penilaian terhadap proses belajar yang dilakukan peserta didik sesuai dengan prosedur yang dirancang semula.
2)        Melakukan penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik untuk mengukur ketercapain pembelajaran yang ditetapkan serta dampak iringnya.
3)        Menganalisis hasil penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik dikaitkan dengan tujuan-tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
4)        Menggunakan hasil analisis terhadap penilaian proses dan hasil belajar peserta didik sebagai referensi peningkatan kualitas proses pembelajaran yang akan dilaksanakan mendatang.

Contoh Artikel Prosedur Pembelajaran yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog