Jumat, 16 September 2016

Contoh Artikel Konsep Dasar Pembelajaran

Contoh Artikel Konsep Dasar Pembelajaran

 

 1.    Konsep Dasar Pembelajaran

Proses pembelajaran pada dasarnya merupakan interaksi antara guru dan peserta didik. Kualitas hubungan antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajran sebagian besar di tentukan oleh pribadi pendidik dalam mengajar ( teaching ) dan peserta didik dalam belajar ( learning ). Hubungn tersebut mempengaruhi kesediaan peserta didik untuk melibatkan diri dalam kegiatan ini. Jadi, jika terjadi hubungan yang positif antara guru dan peserta didik, peserta didik akan berusaha sungguh-sungguh masuk kedalam kegiatan ini. Hal ini terjadi karena selain peserta didik memiliki kebiasaan meniru, juga karena peserta didik memiliki rasa senang yang diperolehnya dari hubungan positif dengan gurunya. Semakin besar keterlibatan peserta didik pada kegiatan ini tentu semakin besar pula kemungkinan peserta didik memahami dan menguasai bahan pelajaran yang disajikan, begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain kualitas hubungan antara guru dan peserta didik menentukan keberhasilan pembelajaran yang efektif.
Ada lima fungsi guru dalam proses pembelajaran yaitu sebagai9 berikut :
a.    Manajer
Sebagai manajer dalam pembelajaran, seorang guru pada hakikatnya berfungsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan umum yang telah ditentukan. Dengan demikian guru bertugas merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
b.    Fasilitator
Sebagai fasilitator, seorang guru berfungsi untuk memberi kemudahan ( kesempatan ) kepada peserta didik untuk belajar. Guru tidak lagi dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar dari peserta didik, tetapi guru berperan penting untuk dapat menunjukkan sumber-sumber belajar lain kepada peserta didiknya.
c.    Moderator
Sebagai moderator, guru bertugas mengatur, mengarahkan, mendorong dan mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Guru merupakan motor atau daya penggerak dari semua komponen pembelajaran guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

d.   Motivator
Sebagai motivator, guru harus bisa memotivasi peserta didik, menciptakan lingkungan dan suasana yang mendorong peserta didik untuk mau belajar dan memiliki keinginan untuk belajar secara continue
e.    Evaluator
Sebagai evaluator, guru bertugas mengevaluasi (menilai) proses pembelajaran dan memberikan umpan balik hasil (prestasi) belajar peserta didik, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
Untuk melaksanakan fungsinya yang sangat menentukan tersebut, guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai. Tanpa kemampuan yang cukup, sulit diharapkan bahwa guru dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sehingga tujuan kegiatan pembelajaran akan tercapai. Guru harus mampu merencanakan dan melaksanakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, guru harus mampu menggunakan berbagai pendekatan dan metode pengajaran.

Contoh Artikel Konsep Dasar Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog