Contoh Artikel Keterampilan Mengelola Kelas
1. Keterampilan Mengelola Kelas
Keberhasilan
mengajar seorang guru tidak hanya berkaitan langsung dengan proses belajar
mengajar, misalnya tujuan jelas, menguasai meteri, pemilihan metode yang tepat,
penggunaan sarana, dan evaluasi yang tepat. Hal lain yang tidak kalah
pentingnya adalah keberhasilan guru dalam mencegah timbulnya perilaku peserta
didik yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, kondisi fisik belajar
dan kemampuan mengelolanya.
Oleh sebab itu
kegiatan guru dapat dibagi menjadi dua, yaitu kegiatan pengelolaan pengajaran
dan kegiatan pengelolaan kelas. Tujuan pengajaran yang tidak jelas, materi yang
terlalu mudah atau terlalu sulit, urutan materi tidak sistematis, alat
pembelajaran tidak tersedia, merupakan contoh masalah pembelajaran. Sedangkan
peserta didik mengantuk, enggan mengerjakan tugas, terlambat masuk kelas,
mengganggu teman lain, mengajukan pertanyaan aneh, ruang kelas kotor merupakan
contoh masalah pengelolaan kelas. Dan untuk penanggulangannya seorang guru
harus memberikan bimbingan sebab ini secara psikologis akan menarik ketelibatan
siswa. Guru bisa memulainya dengan apa yang siswa sukai, bagaimana cara
berpikir mereka dan bagaimana mereka menyikapi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan
mereka.
Untuk menunjang
kegiatan belajar mengajar yang mengaktifkan siswa perlu diperhatikan hal-hal
sebagai berikut :
a.
Aksesbilitas
siswa mudah menjangkau alat dan sumber
belajar.
b.
Mobilitas
siswa dan guru mudah bergerak dari satu
bagian ke bagian lain
c.
Interaksi
memudahkan terjadi interaksi antara dari
siswa maupun antar siswa
d.
Variasi
kerja siswa
memunginkan siswa bekerja secara
perorangan, berpasangan atau berkelompok
Pada intinya,
kemampuan guru memilih strategi pengelolaan kelas yang tepat sangat tergantung
pada kemampuannya menganalisis masalah kelas yang dihadapinya jika ia tepat
meletakkan strategi tersebut maka proses belajar mengajar akan efektif.
0 komentar:
Posting Komentar